Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Puisi?

Apa Itu Puisi?

Souce :langkahilmu.com


Beberapa pakar zaman sekarang mendefinisikan puisi sebagai pencerminan imajinasi. Serta curahan hati, dari seorang penyair yang mengajak orang lain untuk masuk ke dalam dunianya.

Walaupun bentuknya singkat dan padat, akan tetapi pada umumnya orang lain tetap kesulitan untuk menjelaskan makna dari puisi yang disampaikan dari setiap baitnya.

Nah, jadi puisi ini cocok buat kalian yang sedang merasa bahagia ataupun sedih. Karena, dalam puisi tersebutlah, kalian dapat mengungkapkan apa isi dari hati dan perasaan.

Pada umumnya puisi sering digunakan oleh seseorang yang sedang sedih gundah gulana nih temen-temen. Sebagai contoh seperti seseorang yang sedang sedih karena telah diputuskan oleh pacarnya.

Definisi Puisi Menurut Para Ahli

Dalam sejarah puisi, telah ditemukan beberapa pakar yang benar-benar memahami arti dan makna sebenarnya dari sebuah puisi, berikut penjelasan dari mereka.

1. Theodore Watts – Dunton

Theodore berkata : Puisi adalah suatu ekspresi yang konkrit dan memiliki sifat aristik yang berasal dari pemikiran manusia menggunakan bahasa emosionalnya yang berirama. (Theodore Watts-Dunton)

2. Sumardi

Sumardi berkata : Puisi adalah sebuh karya sastra yang ditulis dengan bahasa yang dipersingkat, dipadatkan dan diberi irama serta menggunakan kata-kata kiasan atau imajinatif.

3. Usman Awang

Usman Awang berkata : Puisi bukanlah suatu nyanyian orang putus asa yang mencari ketenangan dan kepuasan dalam puisi yang ditulisnya. (Usman Awang)

4. James Reevas

James berkata : Puisi adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya tarik. (James Reevas)

5. Umberto Eco

Umberto berkata : Puisi bukanlah masalah perasaan, melainkan masalah bahasa. Ini adalah bahasa yang menciptakan perasaan. (Umbreto Eco)

Posting Komentar untuk "Apa Itu Puisi?"