Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Puisi Baru / Modern

Jenis Puisi Baru / Modern

Souce :langkahilmu.com


Puisi modern adalah jenis karya sastra yang lebih bebas dibandingkan puisi lama. Karena puisi modern tidak terikat pada aturan-aturan seperti sajak, rima, bait, dan sebagainya. Berikut dibawah ini macam-macam jenis puisi baru.

1. Kuatren

Kuatren merupakan jenis puisi baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 4 baris atau disebut juga dengan istilah puisi empat seuntai.

2. Dystonia

Atau distikon meripakan salahsatu jenis puisi baru yang memuat sajak dari dua baris kalimat dimana tiap baitnya beritma a-a.

3. Stanza/Oktaf

Oktaf atau stanza merupakan jenis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 8 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi delapan seuntai.

4. Sekstet

Sekstet merupakan janis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 6 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi enam seuntai.

5. Septima

Septima merupakan jenis puisi baru dimana masing-masing baitnya terdiri dari 7 baris atau biasa disebut dengan istilah puisi tujuh seuntai.

6. Kuint

Merupakan jenis puisi baru yang masing-masing baitnya terdiri dari 5 baris atau disebut juga dengan istilah puisi lima seuntai.

7. Soneta

Soneta merupakan jenis puisi baru yang terdiri dari 14 baris yang dibagi menjadi 2, diamna 2 bait pertama masing-masing 4 baris dan 2 bait masing-masing 3 baris.

8. Terzina

Terzina merupakan jenis puisi baru yang pada masing-masing baitnya terdiri dari 3 baris atau disebut juga dengan istilah puisi tiga seuntai.

9. Romansa

Romansa adalah jenis puisi modern yang bercerita tentang isi dan luapan perasaan cinta kasih seseorang. Pada intinya, puisi romansa atau romance berisi tentang cerita cinta dan romantisme.

10. Elegi

Hampir sama seperti bernyanyi rohani, Elegi merupakan jenis puisi modern yang merupakan lagu atau puisi yang mengandung kesedihan dan ekspresi, terutama dalam hal kesedihan, kehilangan ataupun kematian.

11. Balada

Balada adalah jenis puisi modern yang mengisahkan sebuah cerita atau riwayat tertentu yang sedih dan mengharukan. Terkadang balada dinyanyikan atau ditampilkan dalam bentuk dialog.

12. Epigram

Epigram adalah jenis puisi modern yang isinya bercerita tentang tuntunan atau ajaran hidup. Banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik dari isi kandungan epigram ini.

 

13. Ode

Ode adalah salah satu dari sekian ban ODeyak puisi modern dimana liriknya berisikan tentang sanjungan terhadap orang yang berjasa dengan nada-nada yang agung dan tema yang formal

14. Satire

Satire adalah jenis puisi baru yang berisi sindiran atau keritik pada kelompok atau seseorang. Satire biasanya menggunakan aya bahasa dalam bentu ironi, sarkasme, atau parodi.

15. Bernyanyi Rohani

Bernyanyi Rohani adalah jenis puisi modern yang merupakan lagu atau puisi yang mengandung kesedihan dan ekspresi, terutama dalam hal kesedihan, kehilangan ataupun kematian.

Posting Komentar untuk "Jenis Puisi Baru / Modern"