Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Cara Membuat Puisi Secara Terstrukur

Berikut Cara Membuat Puisi Secara Terstrukur

Source : gramedia.com

Baru kemudian masuk ke tahap iluminasi, merupakan sebuah tahap di mana penulis mengejawantahkan semua ide tersebut ke dalam bentuk tulisan. Lalu yang terakhir adalah tahap verifikasi, di mana penulis berada di tahap melakukan penilaian terhadap puisi yang dibuatnya tersebut.


1. Menentukan tema dan judul

Sebelum mengeksekusi ide tersebut, alangkah baiknya penulis membuat sebuah tema yang diinginkan. Hal tersebut menjadi sebuah acuan supaya puisi bisa ditulis dengan menarik. Salah satu contohnya adalah puisi kemerdekaan anak SD.

Selain itu, terdapat banyak sekali tema dalam menulis puisi. Sehingga, disarankan untuk memilih tema yang benar-benar matang dan menarik. Setelah menentukan tema, kemudian tentukan judul yang masih berkaitan dengan tema. Misalnya yakni tentang perjuangan pahlawan.


2. Menentukan kata kunci

Setelah mendapatkan tema, kemudian selanjutnya adalah menentukan kata kunci sekaligus mengembangkan kata kunci tersebut. Apabila anda telah menemukan tema, misalnya pahlawan tadi, kemudian selanjutnya adalah menemukan kata kunci yang berkaitan dengan pahlawan tersebut. Seperti contohnya adalah kemerdekaan, atau perjuangan.

Apabila hal tersebut dirasa sudah cukup untuk memulai menulis puisi, kemudian kembangkan kata kunci yang telah didapat. Hal ini dapat dicontohkan seperti satu kata kunci bisa digunakan untuk satu larik. Bahkan bisa juga penggunaan satu kata kunci dikembangkan menjadi satu bait.


3. Menggunakan gaya bahasa

Langkah selanjutnya dalam menulis puisi adalah penggunaan gaya bahasa. Menulis puisi pada tahap ini merupakan hal yang terpenting. Sebab, gaya bahasa sangat mempengaruhi arti atau makna dari puisi tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan majas. Misalnya adalah tentang majas kemerdekaan atau majas pahlawan.

Penggunaan majas sendiri juga akan berpengaruh pada nada atau hal lain pada sebuah puisi. Maka dari itu, gaya bahasa merupakan tahap yang paling penting dan harus diprioritaskan perhatiannya.


4. Pengembangan puisi seindah mungkin

Setelah itu, langkah berikutnya adalah mengembangkan ketiga langkah di atas menjadi sebuah puisi yang indah. Kalian bisa menyusun kata kata, kemudian larik larik dalam puisi menjadi sebuah bait. Kembangkanlah semua itu menjadi satu puisi yang indah dan memiliki makna yang besar.

Perlu diingat, puisi berbeda dengan artikel. Sebab tulisan dari sebuah puisi harus ringkas, padat, dan indah. Kemudian pemilihan kata yang sesuai juga masuk pada unsur keindahan dan memiliki makna yang besar. Sebagai contoh puisi kemerdekaan anak SD, pastinya menggambarkan sosok pahlawan yang berjuang dalam medan peran.

Sementara itu, terdapat 3 hal yang memiliki kaitan dengan kata dan larik saat menulis puisi. 3 hal ini yang membuat sebuah tulisan puisi menjadi berkesan dan menarik. Diantaranya adalah :

  • Kata merupakan sebuah satuan rangkaian bunyi yang memiliki ritme yang indah dan merdu,
  • Makna kata dalam sebuah puisi memiliki banyak tafsir,
  • Dalam sebuah puisi, mengandung sebuah imajinasi mendalam tentang hal yang dibicarakan.

Posting Komentar untuk "Berikut Cara Membuat Puisi Secara Terstrukur"