Jenis Puisi Lama

Jenis Puisi Lama

Souce :langkahilmu.com


Puisi lama adalah salah satu jenis karya satra puisi yang masih ada di dalam aturan-aturan seprti rima, jumlah baris, sajak dan lain sebagainya. Berikut macam-macam jenis puisi lama.

 

1. Pantun

Walaupun pantun merupakan salah datu dari jenis puisi lama, namun ke populerannya masih terjaga sampai saat ini.

Pantun adalah jenis puisi lama yang masih populer sampai saat ini. Ciri-cir pantun adalah bersajak a-b-a-b dan terdiri dari 4 baris. 2 awal adalah sampiran dan dua baris akhir adalah isi pantun.

2. Karmina

Karmina ialah jenis puisi lama yang hampir sama seperti pantun, hanya saja karmina lebih pendek. Karmina terdiri dari 2 baris saja, baris pertama adalah sampiran, lalu baris kedua adalah isi pantun.

3. Mantra

Mantra merupakan salah satu jenis puisi lama dimana ciri khasnya terdiri dari ucapan-ucapan yang dianggap memiliki kekuatan gaib. Mantra dipercaya memiliki kekuatan magis untuk keprluan ritual atau pengobatan.

4. Gurindam

Gurindam merupakan puisi lama dimana setiap baitnya terdiri dari 2 baris dengan sajak a-a-a-a yang sama. Umumnya isi pada gurindam ini adalah sebuah cerita.

5. Syair

Sampai saat ini syair masih banyak dikenal oleh masyarakat-masyarakat pada umumnya. Walaupun syair ini merupakan puisi lama, namun hingga saat ni tidak sedikit diberbagai tempat mengadakan lomba syair terbaik.

Syair adalah salah satu dari jenis-jenis puisi lama yang terdiri dari 4 baris disertai sajak a-a-a-a. Syair termasuk kategori puisi bebas yang masih sering ditulis sampai saat ini, sebagai wujud ekspresi sang penyair.

6. Talibun

Talibun merupakan janis pantun genap yang umumnya  terdiri dari 6 baris, 8 baris atau bahkan 10 baris sekalipun. Asalkan jumlah pada barisnya lebih dari 4 baris seperti pantun pada umumnya.

7. Seloka

Seloka merupakan jenis puisi lama menyerupai pantun yang saling berkaitan. Karya sastra ini berasal dari Melayu. Umumnya ditulis sebanyak 2 baris 4 baris bahkan sampai 6 baris.