Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Puisi

Sejarah Puisi

Souce :langkahilmu.com


Puisi ada di antara catatan-catatan awal kebudayaan paling melek huruf. Dengan puitis fragmen-fragmen yang ditemukan pada awal monolit, runestones, dan stelae.

Banyak karya kuno dari Veda India (1700-1200 SM) dan Zoroaster’s Gathas (1.200-900 SM) ke Odyssey (800-675 SM), yang telah dirangkum dalam puisi yang bertujuan untuk membantu menghafal dalam ilmu prasejarah dan masyarakat kuno.

Puisi yang paling tua adalah Epos Gilgames dari generasi milenium ke3 SM di Sumeria (Mesopotimia, sekarang Irak), yang ditulis dalam naskah tulisan kuno berbentuk baji pada teblet tanah liat dan kemudian papirus.

Ada berbagai puisi epic kuno lainnya antara lain Yunani epos illiad, Odyssey, Old Iran buku-buku yang Gathic dan Yasna Avesta, Epic nasional Romawi, Virgil Aeneid, India epos Ramayana serta Mahabarata.

Puisi mempunyai berbagai macam jenis. Secara umum, puisi di bedakan menjadi dua, yaitu puisi lama dan puisi baru(modern).

Perbedaan dari puisi lama dan puisi baru didasarkan pada keterkaitan terhadap aturan-aturan seperti rima, sajak, bait dan suku katanya.

Posting Komentar untuk "Sejarah Puisi"